• This site uses cookies. By continuing to use this site, you are agreeing to our use of cookies. Learn more.

Kenapa Khutbah Jum'at Membuat Mengantuk?

Web & Mobile Developer
Staff member
Khutbah jum'at yang membuat pendengarnya mengantuk tidak menjadi rahasia lagi di Indonesia. Mayoritas umat Islam di Indonesia tampaknya mengamini bahwa khutbah Jum'at berkasiat membuat orang mengantuk. Masalah mau tidur atau tidak saat khutbah berlangsung itu tergantung masing-masing individu.

Ngantuk adalah fitrah manusia. Seseorang yang mengantuk saat khutbah berlangsung dan tertidur saat itu bisa jadi ia merasakan kenyamanan dengan adanya penyampaian khutbah. Berbeda kalau misalnya si pendengar khutbah sedang dilanda kecemasan atau ketakutan misalnya seperti mengikuti khutbah jumat di negeri yang sedang perang. Disamping suara khotib yang menggelora juga terdengar suara desingan peluru dan bom.

Seseorang yang sedang dilanda pikiran berkecamuk biasanya akan sulit tidur karena terjangkit insomnia. Tapi bukan berarti yang tidak tidur ketika khutbah berlangsung dikarenakan insomnia.

Jadi, khutbah yang membuat ngantuk di Indonesia itu mungkin tandanya kalau Indonesia sedang adem ayem. Rakyatnya selalu bahagia.
Khutbah Jum'at.jpg