• This site uses cookies. By continuing to use this site, you are agreeing to our use of cookies. Learn more.

Lain-lain Banser Umrah Membuat Geger Netizen, Ini Penyebabnya...

Kepala Suku

Web & Mobile Developer
Staff member
#1
Pada tanggal 2 maret 2018 yang lalu, GP Ansor memberangkatkan 999 anggotanya untuk umrah di tanah suci. Selang beberapa hari, netizen menjadi geger karena melihat rombongan banser menyanyikan lagu Yalal Wathon ketika melakukan Sa'i. Hal ini banyak mendapat cibiran dari netizen tanah air. Salah satu cibiran itu bisa dilihat pada screenshoot di bawah ini:


Si pembuat status tampak menuduh bahwa anggota banser seperti Syiah dengan alasan ketika melakukan syai anggota banser tersebut tidak tertib. Mungkin maksudnya tidak tertib seperti baris berbaris. Tapi anehnya mengapa tertib baris dianggap sebagai bagian rukun dari umrah?

Di dalam kaidah fikih itu, sebtulnya, yang dimaksud dengan istilah tertib adalah melakukan rukun ibadah sesuai urutannya. Kalau rukun umrah diawali dari ihram, thawaf, sa'i, dan diakhiri dengan thallul, maka tidak boleh diubah dengan memulai umrah dari tahallul dan berakhir pada ihram.

Contoh lainnya dalah rukun wudzu yang diawali dengan niat dilanjutan dengan membasuh muka dan diakhiri dengan membasuh kaki. Kok misalnya ada yang mencoba wudzu yang diawali dengan membasuh kaki, dilanjutkan membasuh tangan, dan diakhiri dengan membasuh muka maka hukum wudzunya tidak sah.

Jadi, apa sodara-sodara? Penyebab kegaduhan banser yang umrah itu sebetulnya ya karena ulah mereka yang sebenarnya tidak begitu tahu tapi berlagak menjadi sok tahu. Entah karena iri atau hal lainnya.